Metode Struktur Antrian

Antrian adalah satu kejadian yang umum pada masyarakat karena dapat ditemui dalam keseharian sehari-hari. Seperti antri di kasir, antri di pintu masuk, antri di toilet umum, dan lain-lain. Kata "Antri atau Antrian" pun sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat.
  Di dalam model struktur antrian dikenal dengan kata "Channel" yang berarti "saluran/jalur", kata "Phase" yang berarti "pelayanan", kata "Single" yang berarti "satu", kata "Multi" yang berarti "banyak/lebih dari satu". Ada empat model struktur dasar antrian dari semua sistem antrian. Empat model struktur dasar antrian tersebut, yaitu:

1. "Single Channel - Single Phase"
  Single Channel berarti satu jalur, dan Single Phase berarti satu pelayanan. Maka, dapat di simpulkan bahwa hanya ada satu jalur untuk masuk ke dalam sistem dan hanya ada satu stasiun pelayanan. Contohnya, antrian pembelian tiket kereta pada satu loket, antrian masuk ke pertokoan, antrian masuk ke restoran.
Sumber: Pribadi
Lokasi: Stasiun Pondok Cina,
Depok, Jawa Barat
Pada gambar di atas menunjukkan model antrian "Single Channel - Single Phase" yang di mana hanya ada satu loket stasiun dan hanya menawarkan satu pelayanan berupa pengisian saldo kartu tiket kereta yang membutuhkan uang kembalian.

2. "Single Channel - Multi Phase"
   Multi Phase berarti stasiun pelayanan atau lebih dari satu pelayanan. Maka, dapat di simpulkan bahwa ada banyak stasiun pelayanan dalam satu jalur. Contohnya, antrian pencucian mobil, antrian Drive-Thru makanan cepat saji.
Sumber: Pribadi
Lokasi: McDonald's Jl. Raya Pajajaran No. 12C
(Lodaya), Bogor, Jawa Barat
Pada gambar di atas menunjukkan antrian Drive-Thru makanan cepat saji, yang di mana termasuk ke dalam model struktur dasar antrian "Single Channel - Multi Phase". Gambar di atas termasuk "Single Channel" yang berarti Drive-Thru McDonald's hanya menyediakan satu jalur untuk pelanggan yang menggunakan kendaraan bermotor dan melakukan transaksi "take away".
Sumber: Pribadi
Lokasi: McDonald's Jl. Raya Pajajaran No. 12C
(Lodaya), Bogor, Jawa Barat
Pada gambar kedua di atas menunjukkan bahwa termasuk "Multi Channel" yang dimana Drive-Thru McDonald's menyediakan tiga pelayanan yang biasa mereka sebut tiga jendela. Tiga pelayanan itu terdiri dari: jendela pertama merupakan pelayanan yang ditawarkan McDonald's untuk pelanggan restoran memesan makanan mereka, jendela kedua merupakan pelayanan yang ditawarkan McDonald's untuk pelanggan restoran membayar makanan pesanan mereka, jendela ketiga merupakan pelayanan yang ditawarkan McDonald's untuk pelanggan restoran mengambil makanan pesanan mereka yang sudah dipesan dan dibayarkan.

3. "Multi Channel - Single Phase"
  Multi Channel berarti banyak jalur atau salurannya lebih dari satu. Maka, dapat di simpulkan bahwa banyak jalur atau saluran yang di tawarkan, namun pelayanan yang di tawarkan semuanya sejenis atau satu stasiun pelayanan. Contohnya antrian kasir di supermarket, antrian di tempat pengisian BBM, antrian di kasir restoran.
Sumber: Pribadi
 Lokasi: McDonald's Jl. Raya Pajajaran No. 12C
(Lodaya), Bogor, Jawa Barat
Pada gambar di atas menunjukkan termasuk ke dalam model "Multi Channel - Single Phase" yang di mana restoran McDonald's menyediakan tiga sampai empat kasir bagi pelanggan restoran untuk meminimalkan terjadinya antrian panjang. Setiap kasirnya hanya menawarkan satu pelayanan untuk transaksi pemesanan, pembayaran, dan pengambilan makanan.

4. "Multi Channel - Multi Phase"
  Maka, dapat di simpulkan bahwa ada lebih dari satu jalur untuk memasuki sistem dan ada lebih dari satu stasiun pelayanan. Contohnya, antrian registrasi para mahasiswa di kampus, antrian berbelanja  di supermarket dan membayar di kasir, antrian di Teller Bank dan Customers Service.

Sumber: Pribadi
Lokasi: Bank CIMB Niaga Jl. Ir. Haji Juanda
No.12, Pabaton, Central Bogor,
Bogor Tengah, Jawa Barat

Sumber: Pribadi
Lokasi: Bank CIMB Niaga Jl. Ir. Haji Juanda
No.12, Pabaton, Central Bogor,
Bogor Tengah, Jawa Barat
Pada gambar di atas menunjukkan bahwa termasuk "Multi Channel - Multi Phase" di mana Bank CIMB Niaga menyediakan banyak jalur dan banyak pelayanan, berupa Teller Bank dan Customers Service yang rata-rata ada sebanyak satu sampai empat Teller Bank.


Sumber referensi :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/34571/
https://mesinantrianotomatis.blogspot.co.id/2017/02/4-model-struktur-antrian-dasar-yang.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Konstruksi Jembatan

Pembangunan Tajur Trade Mall di Daerah Bogor